Pengertian Tashrif | Shorof Praktis

PENGERTIAN TASHRIF

Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar para pembaca yang budiman?, Saya doakan semoga senantiasa berada dalam naungan Rahmat dan maghfirah-Nya
Tashrif Adalah
Tashif,- atau shorof adalah di antara pembelajaran Bahasa Arab, ada bagain yang khusus mempelajari fiil (Kata Kerja), yang dikenal dengan istilah قَوَاعِدُ الْبِنْيَةِ atau الصرف / التصريف. Pembelajaran ini penting, sebab sangat berpengaruh untuk memahami suatu teks / obrolan. Umpamanya, kita mengatakan: ضَرَبَ dengan maksud menyuruh orang lain untuk memukul, maka orang lain yang mendengar pasti tidak akan merasa bahwa dia disuruh oleh kita. Tapi kalau kita mengatakan اِضْرِبْ, maka pastilah orang yang mendengar akan mengerti bahwa kita menyuruhnya untuk memukul.
Maka, pengertian التصريف menurut bahasa adalah التَّغْيِيْرُ (perubahan). Sedangkan menurut Istilah Sharaf ialah:
تَحْوِيْلُ الْأَصْلِ الْوَاحِدِ إلَى أَمْثِلَةٍ مُخْتَلِفَةٍ لِمَعَانٍ مَقْصُوْدَةٍ لاَ تَحْصِلُ إلاَّ بِهَا
Perubahan satu bentuk asal menjadi beberapa bentuk yang berbeda demi mencapai makna yang diinginkan yang tidak akan bisa diraih kecuali dengan melakukan perubahan itu.
Contohnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. 
Contoh lain: dalam ayat al-Qur'an, ada ayat:
إنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
dan ayat:
نَزَّلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ
Kata أنْزَلَ dan kata نَزَّلَ itu keduanya berasal dari satu pengambilan; نَزَلَ yang artinya turun. Lalu dimasukkan pada wazan أَفْعَلَ, menjadi أَنْزَلَ (menurunkan secara sekaligus), dan dimasukkan pada wazan فَعَّلَ menjadi نَزَّلَ (menurunkan secara berangsur). Nah, kita akan sulit memahaminya jika kita tidak mempelajarai التَّصْرِيْفُ / الصَّرْفُ. 
Jadi, shorof/tashrif ini sangat penting untuk memahami teks/obrolan terutama yang berkaitan dengan bentuk fiil yang digunakan, jika tidak, dikhawatirkan menyebabkan salah memahami suatu obrolan/teks, terutama teks al-Qur'an dan Hadits yang mana keduanya merupakan landasan hukum paling utama dalam agama islam.
Sebagian ulama mengatakan:
اَلصَّرْفُ أُمُّ الْعُلُوْمِ وَ النَّحْوُ أَبُوْهَا
"Ilmu Shorof adalah induk Ilmu sedangkan Ilmu Nahwu adalah bapaknya"
Sekian pembahasan tentang tashrif. Semoga menambah wawasan kita tentang Bahasa Arab. 
Mohon maaf atas segala kekurangan
terima kasih telah berkunjung
Wassalamu'alaikum wr. wb.

8 komentar

Did you know there's a 12 word sentence you can tell your crush... that will induce intense emotions of love and instinctual appeal to you buried inside his heart?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, cherish and protect you with all his heart...

12 Words That Trigger A Man's Desire Instinct

This instinct is so hardwired into a man's brain that it will make him try better than before to take care of you.

Matter-of-fact, fueling this mighty instinct is so important to having the best possible relationship with your man that the moment you send your man a "Secret Signal"...

...You will immediately find him expose his soul and mind for you in a way he's never experienced before and he will identify you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly appealed to him.

terimakasih terimakasih terimakasih

jazkallahu khair, min