Macam-Macam Fi'il & Tashrif Lughowi | Nahwu Praktis

FIIL, PEMBAGIAN DAN TASHRIFAN LUGHOWINYA

Assalamu'alaikum wr. wb.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Saya do'akan semoga senantiasa berada dalam lindungan Yang Maha Kuasa dan hari-harinya penuh dengan keceriaan serta keberkahan
Macam-Macam Fi'il & Tashrif Lughowi
Pembagian Fiil,- Sebagaimana yang tampak dalam gambar, bahwa fiil terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan kategorinya masing-masing. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang fi'il beserta trik untuk menguasainya, silahkan mengunjungi: Wazan Fi'il Tsulatsi Mujarrod dan Tsulatsi Maziid Fiih.
Adapun dalam postingan ini, saya hanya akan membahas tentang 3 macam fiil; fiil madli, mudlore' i dan fiil amar dan tashrifan lughowinya.
Baiklah, kita mulai!

Penjelasan tentang fiil madli, mudlore dan amar

* Fiil Madli. Ialah Fiil yang menunjukkan bahwa pekerjaan itu dilakukan dalam waktu lampau (Past tense). Hukum fi'il ini adalah mabniy. Lihat pembahasan tentang Pengertian I'rob, Pembagian dan Tandanya. Contoh: ضَرَبَ، كَرُمَ، حَسِبَ dan lain-lain
* Fiil Mudlore. Ialah fiil yang menunjukkan bahwa pekerjaan itu sedang (haal / Present Tense) atau akan dilakukan (mustaqbal / Future Tense). Inilah satu-satunya fi'il yang dihukumi mu'rob (ber-i'rob) dan i'rob asalnya adalah rofa' selama dia tidak dimasukki amil nawaasib dan amil jawaazim. Contoh: يَضْرِبُ، يَكْرُمُ، يَحْسِبُ. 
Membentuk fiil mudlore, adalah dengan menambahkan huruf kemudlorian di awal fiil madli. huruf kemudlorian itu adalah: ي، ت، أ dan ن. Untuk harkat huruf kemudlorian, Jika 4 huruf fiil madlinya, maka huruf kemudloriannya berharkat dlommah. Selain yang 4 huruf (3, 5 atau 6), maka huruf kemudloriannya berharkat fathah.
* Fiil Amar. Adalah kata kerja bentuk perintah. Trik Amar bisshighah saya bahas khusus. jika ingin mengetahui, silakan baca: Cara membuat fiil amar. Hukum fiil ini adalah mabniy jazm (Selamanya beri'rob jazm). 

Pola Tashrifan Lughowi Fi'il Madli dan Mudlore

Berikut ini adalah pola untuk mentashrif lughowi fiil madli dan mudlore:
Macam-Macam Fi'il & Tashrif Lughowi
Jadi, jika kita ingin mentashrif kata أَكْرَمَ يُكْرِمُ dengan tashrif lughowi, menjadi sebagai berikut:
Macam-Macam Fi'il & Tashrif Lughowi

Pola Tashrifan Lughowi Fi'il ِAmar

Fiil amar ada 2 macam:
1. Amar bisshighah. Fiil amar yang memang menggunakan shigat amar itu sendiri. Fungsi fiil amar bissighah ini untuk menyuruh orang yang diajak bicara (kata ganti orang kedua) dari dlomir أَنْتَ - أَنْتُنَّ
2. Amar bil adawah. Fiil yang pembuatannya dengan menggunakan bantuan huruf lam  yang khusus digunakan untuk itu yang disebut lam amar. Ini terdapat dalam Pembahasan tentang amil jawaazimFungsi amar bil adawah ini untuk menyuruh orang yang tidak ada di depan mata (kata ganti orang ketiga) dari dlomir هُوَ - هُنَّ ataupun menyuruh orang yang dibicarakan. Contoh: لِيَضْرِبْ زَيْدٌ عَمْرًا
Tashrifan lughowinya sebagai berikut:
Macam-Macam Fi'il & Tashrif Lughowi

Demikianlah uraian tentang fiil dan macam-macamnya. Semoga menambah pengetahuan kita tentang Bahasa Arab. Mohon maaf atas kekurangannya. Jika ada hal-hal yang berupa pertanyaan, saran dan pesan untuk blog ini, para pembaca bisa berkomentar pada kolom komentar.
Terima kasih atas kunjungan Anda
Wassalamu'alaikum wr. wb.

2 komentar

Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

Over 160000 women and men are losing weight with a easy and SECRET "water hack" to lose 2 lbs every night as they sleep.

It's painless and works every time.

Here's how to do it yourself:

1) Go grab a drinking glass and fill it half full

2) And now do this awesome hack

you'll become 2 lbs thinner when you wake up!

Terimakasih..semoga postingan membawa manfaat. Ijin kopas